Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung

makan sehat untuk penderita penyakit jantung
Mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung selain dengan merubah gaya hidup dan rajin berolahraga secara teratur. Makanan ini banyak mengadung protein, vitamin dan mineral yang dianggap bisa melindungi jantung. Banyak penelitian menyatakan makanan nabati terutama gandum, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Berikut Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung


1. Minyak Ikan

Minyak ikan yang terdapat pada ikan salmon, tuna dan sarden banyak mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 telah terbukti menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar HDL-kolesterol, meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan mengencerkan darah, sehingga lebih kecil kemungkinannya untuk membeku dan menyumbat aliran darah.

2. Minyak Nabati

Minyak nabati yang dihasilkan dari kedelai, jangung dan bunga matahari mengandung omega-6 dan minyak nabati yang di hasilnya dari canola dan zaitun banyak mengandung omega-3, di percaya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL serta bisa digunakan sebagai pengganti lemak tak jenuh seperti mentega.

3. Buah dan Sayuran

Kandungan antioksidan dalam buah dan sayuran memberikan perlindungan untuk melawan penyakit jantung. Buah dan sayuran juga merupakan sumber asam folat yang berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar asam amino homocysteine yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

4. Sumber Karbohidrat Rendah Glukosa

Makanan seperti roti gandum, kacang-kacangan, beberapa jenis beras dan pasta baik bagi orang-orang rentan terhadap diabetes, Sperti kita ketahui penyakit diabetes juga merupakan faktor penyebab munculnya penyakit jantung, dan sumber karbohidrat rendah dlukosa ini dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam ambang batas.

5. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan merupakan sumber serat yang baik dan mudah larut, seperti kandungan protein kacang kedelai telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL yang tinggi. Kacang merah dan hitam mengandung aktioksidan yang sangat tinggi, sehingga bisa melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Teh

Beberapa bukti menunjukkan bahwa antioksidan dalam teh dapat membantu mencegah penumpukan plak atau lemak di arteri jantung. Antioksidan dalam teh juga berfungsi sebagai anti pembekuan darah dan memperbesar diameter pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan aliran darah ke jantung.

7. Makanan yang mengandung vitamin E

Beberapa penelitian menyatakan bahwa vitamin E berfungsi sebagai antioksidan, membantu melindungi dari kolesterol 'jahat'. Sumber vitamin E bisa kita dapatkan dari buah alpukat, sayuran hijau tua (brokoli, dll), minyak nabati dan makanan yang terbuat dari gandum.

8. Bawang Putih

Bawang putih segar mengandung senyawa disebut allicin yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Selain itu, allicin juga membantu melancarkan aliran darah, mencegah platelet dan trombus atau bekuan darah yang dapat mengkibatkan terjadi penyumbatan pada arteri.

9. Makanan kaya Sterol

Sterol merupakan senyawa kimia yang terdapat dalam membran sel yang banyak ditemukan pada gandum, kacang-kacangan, almond, biji wijen, bunya matahari. Sterol terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) 6-15%. Saat ini telah banyak produk makannan yang diperkaya dengan sterol seperti margarine, keju rendah lemah, yoghurt rendah lemak dan susu.

Itulah beberapa makanan sehat untuk penderita penyakit jantung yang bisa anda coba untuk menjaga kesehatan organ jantung Anda. Untuk anda yang sudah terlanjur menderita jantung koroner, silahkan baca artikel sebelumnya obat tradisional jantung koroner. Semoga dengan merubah gaya hidup dan pola makan yang sehat kita semua dapat terhindar dari penyakit jantung koroner yang sangat membahayankan ini. Amin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Pencarian

Memuat...
Diberdayakan oleh Blogger.